Strategi Pemasaran Produk/jasa

Konsep pemasaran sangat penting bagi kalangan dunia usaha agar dapat menarik minat konsumen dengan menawarkan berbagai macam jenis produk/jasa. Tetapi hal yang paling penting adalah bagaimana perusahaan dapat memperlakukan konsumen baru maupun lama agar tetap eksis dan loyal terhadap produk/jasa tersebut. Maka perlu direncanakan suatu pemasaran yang baik, dimulai dari keramahtamahan personil front office perusahaan yang bersangkutan. Karena dari sinilah loyalitas konsumen terhadap perusahaan dibentuk, apabila konsumen tersebut dilayani sebaik mungkin maka sebaliknya ia akan merasa sangat nyaman karena sangat dihargai oleh perusahaan tersebut.Perkembangan konsep pemasaran perusahaan dimulai dari konsep produk, penjualan dan konsep marketing. Konsep ini bertujuan membangun citra dan reputasi, memahami konsumen, dan mendekatkan produk/jasa kepada para konsumen.Manajemen Pemasaran produk/jasa adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk/jasa serta gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan pelanggan yang memperoleh kepuasan dan sasaran organisatoris  perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain bahwa manajemen pemasaran produk/jasa bertujuan bagaimana perusahaan tersebut bisa merebut hati masyarakat sehingga peranannya sebagai profit centre dapat berjalan dengan baik.Proses pengelolaan dan penjualan produk/jasa dapat dilakukan secara optimal melalui penggerakkan semua sumber daya yang tersedia demi mencapai tingkat rentabilitas yang memadai.

Analisis terhadap situasi persaingan akan membantu manajemen untuk memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi pesaing pada setiap pasar sasaran. Untuk menghadapi persaingan, perusahaan harus menyusun strategi pemasaran yang tepat. Tugas strategi pemasaran kompetetif adalah untuk memindahkan bisnis dari posisi sekarang ke posisi kompetitif yang lebih kuat. Ada sembilan elemen utama dalam penyusunan strategi yaitu Segmentation, Targeting, Positioning, Differentiation, Marketing mix, Selling, Brand, service dan process. Kesembilan elemen merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan mempengaruhi.
Kualitas strategi pemasaran akan dapat mengantarkan perusahaan pada keberhasilan. Keberhasilan perusahaan diukur dengan seberapa mampu memenuhi kepuasan konsumen dengan cara yang lebih efektif dan efisien dibanding pesaing. Dengan mengetahui persepsi konsumen dalam menilai suatu produk/merek, dapat diketahui harapan mereka yang harus dipenuhi.

Persepsi konsumen menjadi masalah yang sangat penting untuk menempatkan posisi produk berdasarkan atributnya, karena persepsi merupakan faktor dasar yang mampu mendorong konsumen melakukan pembelian atau membentuk perilaku konsumen.

Hal yang paling penting dalam manajemen pemasaran produk/jasa adalah bagaimana sebuah perusahaan dapat memperlakukan konsumen baru maupun lama agar tetap eksis dan loyal terhadap produk/jasa perusahaan tersebut. Maka untuk dapat memperlakukan konsumen tersebut perlu direncanakan suatu pemasaran yang baik, dimulai dari keramatamahan personil front office perusahaan yang bersangkutan. Karena dari sinilah loyalitas konsumen terhadap produk/jasa dibentuk, apabila konsumen tersebut dilayani sebaik mungkin.
Kesuksesan perusahaandalam menerapkan pemasaran yang baik sangat tergantung pada knowledge, skill dan kualitas SDM perusahaantersebut dalam memasarkan produk/jasa dan imagenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s