SEKRETARIS DI ERA GLOBALISASI

kuliah-kerja-surabaya-administrasi-niaga-bisnis-sekretaris-di-era-globalisasi
Banyak orang berpendapat bahwa Personal Assistan dan Sekretaris adalah posisi karir mentok, yang sulit untuk berkembang sehingga sudah belasan tahun tetap saja menjadi PA (Personal Assistant) atau Sekretaris. Keuntungan mengembangkan PA atau Sekretaris adalah mereka lebih banyak tahu tentang perusahaan sebab PA dan Sekretaris biasanya akan selalu terlibat di meeting-meeting managemen, sebab berhubungan dengan surat menyurat perusahaan sehingga banyak tahu tentang apa saja yang berhubungan dengan bisnis perusahaa, bahkan mau tidak mau akan banyak tahu tentang operasional perusahaan.
Era Global saat ini sungguh syarat dengan berbagai persaingan yang begitu ketat dari berbagai bidang didalamnya.  Persaingan itu tidak lepas dari semua unsur kebutuhan umat manusia yang selalu berkembang setiap detiknya. Disini sangatlah jelas harus adanya upaya reformasi untuk sebuah perubahan yang dapat menjawab semua tantangan perkembangan era global, termasuk pula upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas.
Seorang sekretaris yang berorientasi global harus menampilkan Citra perusahaan karena Citra perusahaan adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Dikarenakan  sekretaris adalah tangan kanan atasannya, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Selain itu seorang sekretaris  harus  ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya, dan juga baik kepada relasi dan kawan sekantor. Disamping sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi atasannya tersebut. Sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan, tapi seorang sekretaris juga harus up date terhadap kemajuan teknologi misalnya teknologi informasi. Accounting dan pembukuan juga harus dikuasai oleh seorang sekretaris agar bisa melakukan pembukuan kantor. Menguasai bahasa asing adalah nilai tambah yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Karena biasanya sekretaris selalu diminta atasannya untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri.Seorang sekretaris setiap harinya berkomunikasi dengan tamu- tamu dengan berbagai tingkatan atau golongan. Untuk itu seorang sekretaris harus mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa Indonesia dan beberapa bahasa asing dengan baik.
Pada zaman era globalisasi, sekretaris harus mengembangkan diri mengikutiperkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menjadi sekretaris yang profesional harus dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga mampu dapat mengatasi perubahan dan dapat bekerja semaksimal mungkin untuk menghadapi dunia kerja seorang sekretaris dengan daya saing yang semakin maju.
 Adapun pengetahuan dan wawasan yang harus diketahui oleh seorang sekretaris adalah sebagai berikut :
a.       Pengetahuan akan bidang usaha tempat kita bekerja
b.      Pengetahuan akan produk dari perusahaan
c.       Pengetahuan akan Rekanan bisnis pimpinan
d.      Pengetahuan akan pesaing dari perusahaan
            Disamping kecerdasan intelektual,seorang sekretaris  juga perlu memperhatikan kecerdasan logika dalam emosi kita, diantaranya yaitu :
a.       Meningkatkan profesionalisme kerja dan lingkungan kerja yang nyaman
b.      Mampu menggunakan emosi secara efektif untuk mencapai tujuan (pengendalian emosi)
c.       Memahami emosi orang lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s