BENCHMARKING

kuliah-kerja-surabaya-administrasi-niaga-bisnis-benchmarking

PENGERTIAN BENCHMARKING

Benchmarking adalah suatu proses studi banding dan mengukur suatu kegiatan perusahaan/organisasi terhadap proses operasi yang terbaik dikelasnya sebagai inspirasi dalam meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi. Selain itu, benchmarking di sebut juga Patok Duga yang dapat mendorong perusahaan/ organisasi untuk menyiapkan suatu dasar untuk membangun rencana operasional praktik terbaik perusahaan dan menganjurkan meningkatkan perbaikan bagi seluruh komponen lingkungan perusahaan/organisasi.

Tujuan benchmarking

Tujuan dari benchmarking adalah untuk menghasilkan dan meningkatkan kredibilitas dari perusahaan itu. Benchmarking merupakan strategi dan peningkatan operasional yang sangat penting, dimana akan berfungsi untuk mendapatkan persaingan dan untuk memotivasi orang-orang. Untuk itu suatu organisasi harus:

  1. Memastikan bahwa perlu adanya suatu perubahan
  2. Identifikasi apa yang harus dirubah
  3. Membuat gambaran bagaimana organisasi harus lebih terlihat setelah adanya perubahan.

Cakupan benchmarking

Ada tiga cakupan, yaitu:

  1. Dengan mengidentifikasi jarak antara organisasi dan perusahaan lain (kompetitor), brenchmarking mengidentifikasi apa yang dibutuhkan.
  2. Dengan mencoba untuk mengerti bagaimana suatu perusahaan pemimpin melakukan pekerjaan, benchmarking mengidentifikasi apa yang harus kita rubah.
  3. Dan dengan memperlihatkan apa yang mungkin perusahaan lain sudah dilakukan, benchmarking membuat gambaran bagaimana organisasi harus terlihat setelah ada perubahan.

Jenis-jenis benchmarking

Terdapat 7 jenis benchmarking, yaitu:

  1. Internal benchmarking (membandingkan pengaturan waktu)
  2. Kompetitif benchmarking (membandingkan dengan pesaing lansung)
  3. Fungsional benchmarking (membandingkan fungsi yang sama)
  4. Prosas (membandingkan kinerja dengan biaya, produktivitas yang lain)
  5. Generic benchmarking (membandingkan dengan perusahaan lain secara umum)
  6. Perfomance benchmarking (membandingkan biaya, kecepatan, kualitas perusahaan lain)
  7. Strategic (menguji kompetensi perusahaan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s