Public Relation

kuliah-kerja-surabaya-administrasi-niaga-bisnis-public-relation

E-Public Relation

Public relation yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya. Lebih dikenal dengan Cyber Public Relation.

Pengertian E-PR, jika diuraikan sebagai berikut:

E adalah electronic/email/e commerce yang mengacu pada media elektronik internet. Media ini dimanfaatkan oleh para pelaku PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaaan.

P adalah public, disini bukan hanya mengacu pada public namun pasar konsumen, juga tidak mengacu hanya pada satu jenis pasar konsumen, namun berbagai pasar atau publik audiens.

R adalah relation, hubungan yang harus dipupuk antara pasar dan bisnis. Melalui media internet hubungan yang sifatnya one-to-one dapat dibangun dalam waktu yang cepat karena sifat internet yang interaktif.

Dengan E-PR, dapat lansung menyampaikan pesan-pesan kepada target publik serta memanfaatkan potensi-potensi besar lainnya, seperti:

1. Komunikasi konstan

Internet bagaikan satpam atau sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24/7 (24 jam x 7 hari) dengan potensi target publik seluruh dunia.

2. Respons yang cepat

Internet memungkinkan seorang PR merespons secara cepat dan serta merta semua permasalahan dan pertanyaan dari para prospek dan pelanggan.

3. Pasar global

Internet telah menutup jurang pemisah geografis (kecuali psikologis)setelah terhubung dengan dunia online dengan biaya yang minim.

4. Interaktif

Dapat memperoleh feedback dari pelanggan atau pengunjung situs web perusahaan. Sehingga bisa mengetahui keinginan pelanggan dan tidak perlu menebak nebak.

5. Komunikasi dua arah

Komunikasi antara organisasi dan publik merupakan tujuan utama aktifitas E-PR karena aktifitas ini akan membantu dalam membangun hubungan yang kuat dan saling bermanfaat yang tidak dapat dilakukan lansung oleh media offline.

6. Hemat

E-PR dapat membuat organisasi menjadi lebih hemat mengingat E-PR tidak membutuhkan stationery atau biaya cetak. Semakin murahnya biaya internet akan membuat biaya E-PR menjadi semakin terjangkau.

E-PR mendukung offline PR dan departemen pemasaran

Sebagai tim, offline PR dan departemen pemasaran dapat menghasilkan 3 R bagi suatu perusahaan, yaitu:

1. Relations

Mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk membangun hubungan dan citra perusahaan.

2. Reputasi

Aset yang paling penting dalam suatu bisnis, hal ini merupakan seni dalam membangun reputasi online yang baik secara berkesinambungan.

3. Relevansi

Mengupayakan agar setiap inisiatif online relevan dengan target audiens korporat.

One thought on “Public Relation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s